Redaksi

Contoh Desain Ruangan Rumah Minimalis yang Nyaman untuk Keluarga

Contoh Desain Ruangan Rumah Minimalis yang Nyaman untuk Keluarga
Rumah merupakan salah satu kebutuhan mendasar dan menjadi sangat penting bagi manusia. Karena disinilah manusia dapat melepaskan lelahnya sesaat setelah beraktivitas seharian di luar sana.

Rumah merupakan awal dari segala aktivitas, bascamp untuk sebuah keluarga. Bagi seorang istri sekaligus ibu, rumah adalah tempat pembinaan bagi dirinya, suaminya, dan pembinaan untuk anak-anaknya. Semua itu berawal dari rumah.

Sahabat RumahHokie, konsep “Rumah surga dan istanaku” memang patut diangkat menjadi sebuah tema menulis artikel, karena bagi sebagian orang rumah merupakan sebuah istana yang sesungguhnya, sama halnya seperti saya pribadi yakni rumah sebagai tempat tinggal yang nyaman dan aman bagi semua anggota keluarga. Tak perduli seberapa luas dan besarnya rumah yang kita tempati, yang terpenting adalah menciptakan kebahagiaan, kenyamanan, serta memberikan rasa aman ketika kita berada di dalamnya.

Pastinya setiap orang memiliki impian seperti apa rumah yang akan mereka tempati. Oleh karena itu, mendesain dan menata rumah adalah salah satu hal yang sangat bagus untuk dilakukan. Di era modern ini, banyak sekali type rumah yang semakin tersebar dipenjuru dunia. Dengan kecanggihan teknologi, kita bisa mendapatkan type dan desain-desain rumah seperti apa yang kita inginkan. Tentu saja untuk mendesain rumah beserta interior ruangan rumah, kita memerlukan beberapa referensi yang dapat menginspirasikan sehingga ide-ide cemerlang keluar dengan mudahnya.

Saya yakin hal itu juga yang mendorong anda merasa tertarik untuk membuka artikel ini. Dan saya beritahu bahwa itu adalah pilihan yang tepat, karena saya akan memberikan gambaran desain-desain ruangan rumah. Dari berbagai jenis dan type rumah seperti kontemporer, klasik, minimalis, victoria, ternyata desain rumah dengan gaya minimalislah yang banyak diminati dan menjadi pilihan bagi masyarakat Indonesia. Mengapa demikian?, karena rumah minimalis adalah salah satu dari sekian banyak type rumah yang dapat memberikan kesan aman dan nyaman untuk keluarga. 

Dengan struktur bangunannya yang berbahan dasar batu serta beton yang kuat, rumah minimalis akan terlihat kokoh dan megah. Dengan tambahan desain interior dan eksterior yang tepat, rumah minimalis akan terlihat elegan dan lebih mengesankan. Seperti beberapa desain interior untuk rumah minimalis dibawah ini.

1. Desain ruang tamu


 

Gambar di atas merupakan salah satu desain ruang tamu sempurna. Selain digunakan sebagai tempat menyambut tamu, anda juga bisa gunakan ruang tersebut sebagai “ruang keluarga” tempat bersantai dan ngumpul bersama keluarga. Dapat dikatakan sebagai ruang multifungsi. Penataan sofa juga harus menyesuaikan dengan warna dinding serta lantai yang digunakan agar terkesan lebih stylish. Pohon hijau di sudut ruangan memberikan kesan yang sejuk dan natural. Ditambah dengan hiasan-hiasan kramik agar terlihat elegan. TV yang diletakkan di depan sofa membuat saat bersantai anda semakin asyik bersama keluarga. Sedangkan karpet berwarna abu-abu berfungsi untuk menampilkan kesan rapi pada penataan perabotan di ruang tamu tersebut.

Nah.. penambahan gambar yang tergantung di atas sofa dengan kombinasi warna menarik membuat dinding ruangan terlihat indah. Serta penataan kursi yang berhadapan berfungsi memudahkan kita ketika saling berinteraksi dapat langsung bertatapan wajah dengan lawan interaksinya.

2. Desain kamar tidur utama



Rumah idaman memang harus memiliki ruang yang istimewa, apalagi ruang yang istimewa ini digunakan sebagai tempat untuk beristirahat serta melepaskan lelah dari aktivitas sehari-hari. Orang sering menyebut ruang istimewa dengan istilah “kamar tidur”. Gambar di atas merupakan salah satu desain kamar tidur minimalis terbaik yang ada. Kamar tidur dengan memiliki jendela kaca besar memudahkan kita untuk melihat kondisi di luar, alangkah baik lagi jika jendelanya diarahkan pada pemandangan alam sekitar yang indah. Sehingga tidak membuat kita bosan meskipun sedang berada di kamar. Pada saat malam hari, kamar dengan jendela kaca memberikan kesan yang lebih menawan, kenapa? .

Karena anda bisa langsung melihat keindahan malam dengan langit yang dipenuhi taburan bintang. Pemilihan warna dasar lantai dan dinding dengan warna yang soft membuat kamar terlihat elegan dan bersih. Tambahan perabotan seperti lemari, meja, kursi dan cermin tidak perlu menggunakan yang besar, karena akan membuat kamar terlihat sempit. Cukup yang kecil tetapi tetap memberikan fungsi yang besar. Lampu tidur berfungsi memberikan penerangan ketika lampu utama kamar dimatikan. Penambahan karpet dengan warna yang kontras dari warna lantai dapat menghidupkan suasana ruangan kamar tidur anda.

3.Desain kamar mandi 



Pada umumnya letak kamar mandi adalah dibagian rumah paling belakang, namun seiring perkembangan zaman posisi kamar mandi dapat bergeser menjadi di samping kamar tidur dan bahkan di dalam kamar tidur itu sendiri.  Kebanyakan orang membuat kamar mandi di dalam kamar tidur bertujuan untuk menjaga privasi. Di atas merupakan contoh desain kamar mandi minimalis di dalam kamar tidur yang bernuansa alami. Untuk meletakkan kamar mandi di dalam kamar tidur utama, anda harus memperhatikan beberapa hal, seperti :
  • Perhatikan luas kamar tidur itu sendiri, jika luas kamar tidur tidak memungkinkan pembuatan kamar mandi di dalam maka tidak perlu di lakukan.
  • Letak kamar mandi usahakan di bagian yang tersembunyi dari pandangan langsung.
  • Lengkapi kamar mandi anda dengan ventelasi udara agar sirkulasi udara yang dihasilkan baik.
Desain kamar tidur utama dengan kamar mandi di dalam, sinar matahari merupakan sumber pencahayaan alami yang sangat penting agar kamar mandi anda tidak terkesan pengap. Tambahan dedaunan hijau di dalam kamar mandi memberi kesan lebih natural. Pemilihan warna pada keramik lantai dan dinding kamar mandi mempengaruhi tingkat kenyamanan. Warna seperti putih, abu-abu, mocca, dan warna gelap lainnya sangat cocok digunakan untuk desain kamar mandi minimalis, karena warna tersebut bersih dan nyaman dipandang mata serta terlihat stylish dalam sebuah kamar mandi. 

Bath tub dan shower tegak adalah solusi yang tepat untuk type kamar mandi minimalis. Tambahan gantungan handuk dan cermin membuat kamar mandi anda terlihat sempurna. 

4. Desain ruang makan


 

Meja makan sebaiknya diletakkan berdekatan dengan dapur, hal ini mempermudah anda saat menyajikan makanan setelah selesai memasak. Penataan kursi makan yang saling berhadapan membuat suasana makan bersama keluarga anda terasa lebih harmonis. Ruang makan yang bersebelahan dengan taman adalah salah satu penataan yang tepat bertujuan agar anda tidak mudah bosan. Taman yang ditanami tumbuhan-tumbuhan hijau membuat udara disekitar menjadi segar dan menyejukkan mata saat memandangnya. 

5. Desain dapur



Dapur merupakan salah satu ruangan terpenting yang harus ada pada rumah. Biasanya dapur digunakan sebagai tempat memasak, menyimpan bahan-bahan makanan, dan aktifitas lainnya. Penataan dapur yang menggunakan konsep minimalis mencerminkan dapur yang modern dan menghasilkan desain yang indah dan menarik. Gambar di atas merupakan salah satu desain dapur minimalis model terbuka. Hal ini memang memiliki keunikan tersendiri yang akan membuat tampilan dapur anda berbeda dengan dapur pada umumnya. 

Konsep dapur terbuka minimalis sangat cocok untuk anda yang memiliki rumah berhadapan dengan pemandangan alam yang sangat indah, sehingga dapat memberikan kesan yang segar dan natural pada dapur anda. Perabotan seperti lemari digunakan untuk menyimpan piring, gelas serta alat-alat masak lainnya agar tersusun rapi. Dengan menggunakan lemari dapur, penggunaan ruangan pada dapur anda akan lebih efisien dan lebih nyaman. 

Untuk point sirkulasi udara pada dapur yang harus baik, anda tidak perlu cemas karena dengan desain dapur minimalis terbuka ini bukan hanya memberikan sirkulasi udara yang baik tetapi anda juga dapat menikmati udara yang segar setiap hari saat beraktifitas di dapur ditemani dengan pemandangan indah dari pepohonan hijau. 

Untuk pengaturan pencahayaan, disiang hari memanfaatkan pantulan cahaya matahari, sedangkan dimalam hari diterangi dengan sinar rembulan dan tambahan lampu gantung yang terletak di tengah-tengah bagian atas dapur.
Nah.. itu tadi beberapa contoh desain ruangan rumah minimalis yang nyaman untuk keluarga. Semoga artikel ini bisa membantu anda dalam menemukan inspirasi dan ide-ide cemerlang untuk mendesain ruangan rumah minimalis anda menjadi rumah yang nyaman dan elegan.

Dan untuk mencari daftar-daftar rumah terbaik anda bisa kunjungi RumahHokie.com
Redaksi
Redaksi
Load comments